Cara Mengatasi Kecanduan Handphone

 Pastinya sebagian besar orang telah mempunyai  Cara Mengatasi Kecanduan Handphone

Cara Mengatasi Kecanduan Handphone

Siapa yang tak memiliki smartphone? Pastinya sebagian besar orang telah mempunyai smartphone untuk berkomunikasi dan membantu acara sehari-hari. Karena tingkat pemakaian yang tinggi, tak jarang pengguna mengalami kecanduan dengan smartphone mereka.

Bahkan, banyak orang mengaku lebih baik tak membawa dompet daripada tak membawa smartphone karena sudah ketagihan dengan smartphone. Lalu bagaimana mengatasi ketagihan terhadap smartphone?


1. Aktifkan Modus Silent 

Saat mengetahui notifikasi smartphone berupa bunyi atau getaran, pengguna yang ketagihan niscaya ingin eksklusif mengecek ponsel mereka. Hal ini yang menciptakan pengguna jadi tak dapat lepas dari smartphone. Cobalah untuk mengaktifkan modus silent pada smartphone kamu.

Dengan begitu, kau tak akan mengecek smartphone tiap kali ada notifikasi. Masih ada notifikasi LED? Coba untuk membalik letak smartphone, bab layar di bawah.


2. Taruh Smartphone di Tempat Tak Terlihat

Pernah dengar ungkapan 'tak terlihat, tak terpilkirkan'? Ungkapan ini pertama kali diciptakan ketika Nokia merilis 3310. Mungkin ungkapan ini ada benarnya. Bagi yang ketagihan smartphone, cobalah menaruh ponsel kau di kawasan yang tak terlihat.

Misalnya kau sedang di kantor atau berkencan, cobalah taruh smartphone kau di saku atau di tas. Sebagian perusahaan juga meminta karyawannya untuk menaruh smartphone di sebuah keranjang ketika rapat berlangsung. Tujuannya tentu biar pikiran karyawan dapat lebih fokus.
 

3. Saat Sedang Berkumpul, Coba Susun Smartphone

Kamu niscaya pernah jalan bareng dengan teman-teman, kan? Sadar atau tidak, seringkali ketika berkumpul, orang justru asik dengan smartphone masing-masing daripada menghabiskan waktu sembari mengobrol.

Untuk mengatasinya, mungkin kau dapat menaruh smartphone dengan menyusunnya ke atas. Alih-alih melihat ke layar smartphone masing-masing, niscaya suasana berkumpul pun bakal lebih menyenangkan dan akrab.



4. Beri Prioritas pada Notifikasi yang Penting

"Kalau saya silent ponsel ini, bagaimana saya dapat tahu jikalau ada hal yang benar-benar penting," mungkin begitu pertanyaan kau pada diri sendiri sebelum mengubah notifikasi ke modus silent.

Untuk itu, kau dapat memberlakukan prioritas. Sekiranya ada panggilan atau SMS dari nomor-nomor tertentu, dapat kau utamakan. Pastikan biar kau memilih mana yang dianggap penting dan mana yang tak penting.