Mobil Second: Tips Memilih dan Cara Melakukan Test Drive


Mobil Second: Tips Memilih dan Cara Melakukan Test Drive

Mobil merupakan salah satu kendaraan bermotor yang banyak digunakan saat ini untuk melalui jalanan perkotaan. Mobil memberikan kenyamanan saat bermanuver di jalanan perkotaan yang macet, memberikan ketenangan karena terdapat pendingin udara, terdapat multimedia untuk memberikan hiburan bahkan memberikan tempat untuk mengisi daya baterai smartphone sehingga tidak perlu khawatir. Kursi yang nyaman memberikan penumpang kebetahan dalam melakukan perjalanan jauh dan menyediakan alat keselamatan seperti airbag dan sabuk pengaman untuk penumpang maupun pengemudi. Saat ini, memiliki mobil tidak harus selalu baru tetapi juga dapat membeli mobil second dengan harga yang lebih murah.

Berikut adalah tips dalam memilih mobil bekas:


  • Memperhatikan tempat pembelian karena telah banyak tempat yang membuka jasa penjualan mobil bekas dengan penawaran yang cukup kompetitif, banyaknya pilihan saat ini membuat pembeli harus bijak dalam memilih tempat pembelian dan sebaiknya membeli mobil dari teman yang dikenal sehingga transaksi lebih jujur.
  • Memperhatikan eksterior mobil untuk pertama kali, jika terdapat goresan atau kerusakan dan memperhatikan kondisi cat mobil, melihat kondisi lampu apakah kacanya pecah atau berembun dan sudah tidak dapat memberikan terang yang maksimal, perhatikan juga bagian bawah mobil untuk melihat adanya karatan dan keropos.

Selain itu, saat membeli mobil second maka perlu memperhatikan bunyi mesin saat dinyalakan, mesin yang masih bagus akan terdengar halus dan tidak terdengar kasar, mobil juga akan lebih mudah untuk mengganti gigi dan bermanuver di jalan. Jika saat berbelok daerah kiri dan melewati jalan yang tidak bagus terasa berat maka sebaiknya mencari alternatif untuk mobil lainnnya. Perhatikan juga bagian dalam mobil mulai dari kondisi dashboard, berfungsinya penyetelan AC, memperhatikan kabin mobil, kondisi tempat duduk penumpang dan pengemudi. Selain itu, perlu melakukan tutup dan membuka pintu mobil dan kaca mobil untuk merasakan apakah kaca dapat di naik turunkan dengan mudah, lalu cobalah untuk menyalakan lampu sein, rem dan lampu depan.

Setelah melakukan pengecekan untuk bagian dalam dan luar mobil maka perhatikan kelengkapan surat-surat mulai dari BPKB dan STNK dalam bentuk asli. Saat ini telah banyak cara untuk membuat surat-surat berharga secara palsu sehingga kemungkinan mobil tersebut merupakan hasil curian lalu menjualnya dengan harga tinggi. Sebaiknya memastikan nama pemilik mobil dengan mengecek kartu identitas yang tersedia sehingga akan lebih mudah untuk melakukan urus balik nama dan administrasi lainnya. Sebelum membeli maka dapat memastikan pengecekan fisik melalui kantor Samsat sehingga akan mengecek informasi yang diberikan dalam BPKB dan STNK sudah sesuai atau belum dengan meminta ijin terlebih dahulu dari penjual mobil.

Berikut adalah cara melakukan test drive:


  • Perhatikan dalam pengaturan posisi duduk dan setir untuk badan dan tangan, dengan memastikan fiturnya bekerja dengan baik.
  • Nyalakan mesin dengan sebaiknya tidak langsung mengaturnya pada posisi on sebaiknya memperhatikan lampu indikatornya menyala.
  • Periksa bunyi mesin dan transmisi dengan cara memastikannya tidak terjadi jeda untuk waktu yang lama maupun sentakan keras saat mengubahnya.
 Saat melakukan test drive mobil second maka mulai perhatikan fungsi kaki-kaki saat melewati jalan yang tidak terlalu rata dan perhatikan fungsi rem dan lepaskan setir sesekali untuk memastikan performa setir. Setelah test drive maka matikan mesin lalu menunggu berapa menit dan nyalakan kembali. Perhatikan lampu indikator apa masih menyala setelah dibawa keliling melewati jalan yang tidak rata. Tahap terakhir adalah melakukan penetapan harga yang tepat antar penjual dan pembeli.