6 Tips Menjalankan Usaha Rumahan di Bidang Kuliner


Di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini pilihan menjalankan usaharumahan memang dianggap sangat tepat. Anda bisa memulai usaha dari rumah dengan modal yang tergolong ringan. Ada banyak sekali jenis bisnis yang memungkinkan untuk Anda mulai. Salah satunya adalah bisnis di bidang kuliner. Berikut adalah 6 tips yang bisa diterapkan jika ingin menjalankan usaha kuliner dari rumah.

1.                Tentukan Jenis Makanan

Langkah pertama tentu saja adalah menentukan jenis makanan yang akan diproduksi dan dijual. Ada banyak sekali pilihan makanan yang bisa Anda jadikan sebagai bisnis. Pilihlah jenis produk makanan yang tergolong unik dan belum banyak dijual. Ini akan menjadi poin lebih dari bisnis Anda dan membuat konsumen berminat untuk membeli.

Penting sekali untuk mencari banyak referensi agar Anda bisa menemukan ide makanan yang berpotensi untuk laris di pasaran. Pelajari seperti apa minat masyarakat saat ini. Apakah mulai banyak yang menyukai makanan sehat? Apakah peminat kue masih tinggi di pasaran? Riset seperti ini sangat penting untuk dilakukan sebelum memulai bisnis kuliner.

2.                Tetapkan Target Konsumen

Berikutnya adalah tetapkan target konsumen Anda. Ini juga menjadi langkah penting yang harus dilakukan untuk memulai sebuah bisnis. Misalnya, Anda menetapkan untuk membuat produk makanan ringan dan memilih target konsumen anak muda. Maka, terapkan strategi marketing yang sesuai dengan target konsumen agar menarik perhatian dan bisa meningkatkan angka penjualan produk Anda.

3.                Buat Strategi Marketing

Langsung susun strategi marketing untuk mempopulerkan usaha rumahan Anda. Strategi marketing yang tepat akan sangat membantu kesuksesan bisnis Anda. Ada banyak sekali cara pemasaran yang saat ini bisa dipilih. Mulai dari cara konvensional mulut ke mulut, pembuatan brosur, hingga digital marketing. Media sosial menjadi salah satu jalan wajib yang bisa dipilih untuk memasarkan bisnis Anda.

4.                Buat Desain Kemasan Menarik

Agar produk makanan yang Anda jual semakin menarik dan diminati banyak orang, buatlah desain kemasan yang menarik. Nilai jual produk makanan tidak hanya ditentukan oleh rasa tapi juga penampilan. Buatlah desain kemasan yang menarik dan estetik.

Pembuatan desain kemasan ini juga bisa dipengaruhi oleh target konsumen Anda. Misalnya, Anda menargetkan anak muda sebagai target konsumen. Maka buatlah desain kemasan yang mencerminkan selera anak muda. Buat desain kemasan yang ergonomis, menarik, unik, dan kalau bisa ramah lingkungan.

5.                Cari Supplier yang Berkualitas

Untuk menjalankan bisnis makanan maka Anda akan membutuhkan supplier bahan pokok. Pencarian supplier ini bisa membutuhkan waktu yang cukup panjang. Anda harus hati-hati melihat kualitas supplier yang akan diajak bekerja sama. Pastikan Anda menjalin kerja sama dengan supplier yang menjamin kualitas dan harga yang ditetapkan sesuai dengan perhitungan.

6.                Mulai dari Lingkungan Rumah

Jika ingin membangun bisnis rumahan maka mulailah dari lingkungan terdekat. Jangkau dulu orang-orang yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Pasarkan produk makanan yang Anda buat ke tetangga-tetangga. Biarkan mereka memasarkan produk Anda dari mulut ke mulut. Kalau perlu mulailah dengan memberikan sampel produk secara gratis agar para tetangga bisa mencicipi makanan yang Anda jual.

Itulah 6 tips memulai usaha rumahan di bidang kuliner. Persiapkan rencana bisnis sebaik mungkin agar Anda bisa mengambil langkah-langkah yang tepat saat bisnis mulai berjalan. Cari referensi sebanyak mungkin sebagai inspirasi bagi Anda. Jangan lupa manfaatkan juga aplikasi Bukuwarung untuk membantu Anda menyusun pembukuan usaha.